Cara Ampuh dan Alami Mengatasi Sakit Maag

  • Berbagi ke Facebook
  • Berbagi ke Twitter




Penyakit maag atau asam lambung merupakan penyakit yang sering kita jumpai. Maag adalah peradangan pada lambung yang bisa mengakibatkan luka pada lambung, yang bisa menyebabkan sakit dan perih pada lambung. Penyakit Maag disebabkan karena kebiasaann seseorang makan terlalu banyak dan cepat, ataupun makan makanan pedas yang mengandung gas dan lemak.

Gejala Penyakit Maag 

1.Sakit di bagian ulu hati
2.Mual
3.Perih pada perut bagian atas

Penyebab Timbulnya Sakit Maag

1. Pola Makan Yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan terjadinya maag, misalnya kamu dalam satu hari hanya makan sebanyak dua kali tanpa sarapan sama sekali, itu akan mudah sekali menyebabkan maag. Tidak hanya itu, makan makanan yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung juga temasuk penyebab terjadinya sakit maag, misalnya Anda makan-makanan yang asam ataupun pedas, ini akan menyebabkan lambung iritasi dan akhirnya terluka sehingga menyebabkan terjadinya sakit maag.

Selain itu makanan yang mengandung banyak gas juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga menimbulkan sakit maag. Maag juga dapat disebabkan oleh karena seseorang telat makan kemudian langsung mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak. 

2. Terdapat Mikroorganisme yang merugikan yaitu bakteri Helicobacter Pylori

Salah satu penyebab terjadi nya Maag adalah terdapatnya mikroorganisme yang bernama helicobacter pylori di lambung Anda.

3. Pola tidur yang tidak teratur dan kondisi psikis seperti stress.

Pola tidur yang tidak teratur dan stress ternyata merupakan salah satu faktor timbulnya sakit maag. Karena pola tidur yang tidak teratur dan stress akan meningkatkan produksi Asam lambung Anda.


Gejala Yang Dapat Ditimbulkan dari Sakit Maag 

1. Rasa panas pada perut bagian atas
2. Rasa kenyang atau perut terasa penuh secara berkepanjangan
3. Mual, kembung atau bahkan sampai muntah
4. Nyeri pada ulu hati dan perut sebelah kiri
5. Sulit Menelan
6. Berat badan turun tanpa sebab

Jika Point 3, 5, dan 6 terjadi pada diri Anda, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan khusus. Karena jika dibiarkan akan menyebabkan Maag yang lebih parah atau kronis. 

Cara Alami Mengatasi Sakit Maag

1. Usahakan jangan biarkan perut kosong

Kamu bisa membagi porsi makan kamu kedalam jadwal yang baru, misalnya kamu biasanya makan 3 kali makan berat, kamu ubah menjadi 5 kali makan berat dengan porsi sedikit.

2. Banyak konsumsi buah dan sayur

Banyak-banyak lah mengkonsumsi buah dan sayur yang sehat seperti brokoli, pisang dan apel. Hindari makanan buah dan sayur yang mengandung gas seperti kol dan durian karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3.Hindari makan makanan yang dapat mengiritasi lambung kamu

Memang susah jika tinggal di Indonesia kamu tidak makan makanan yang pedas, tapi alangkah baiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan pedas dahulu sehingga maag Anda benar-benar membaik. Jika maag Anda sudah membaik, disarankan untuk tidak terlalu sering makan makanan yang pedas, tapi jika satu atau dua kali silahkan jika itu memang benar-benar tidak mengganggu lambung Anda.

4. Hindari minuman beralkohol , bersoda dan berkafein

Hindari minuman yang mengandung Alkohol ataupun soda, karena kedua hal tersebut   dapat memicu kenaikan asam lambung yang pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya sakit maag.
  
5. Minum Cuka Apel 

Minumlah 1 sendok larutan cuka apel dan segelas air putih 10-15 menit sebelum makan, karena hal ini sangat lah baik untuk lambung Anda.



Posting Lebih Baru Posting Lama

0 komentar