Kacang Bikin Jerawat? Mitos atau Fakta, Ini Fakta Sebenarnya

jerawat

Hari ini saya akan membahas apakah makanan menyebabkan jerawat ? Nah buat kamu yang penasaran baca sampai selesai ya.

Mungkin sebagian besar dari Anda sering mendengar mitos bahwa makanan dapat menyebabkan jerawat seperti kacang-kacangan ataupun coklat, namun konsumsi makanan bukan faktor utama penyebab terjadinya jerawat karena banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat seperti pori-pori yang tersumbat, bakteri, ataupun produk minyak yang berlebihan.

Jadi makanan itu hanya merupakan faktor pendukung terjadinya jerawat, menurut beberapa sumber ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan jerawat.

Nah kali ini saya akan memberikan informasi makanan apa saja yang perlu Anda hindari agar tidak menimbulkan jerawat.

jerawat
Designed by freepik

Makanan yang Harus Anda Hindari Agar Tidak Jerawatan

1. Gula dan Karbohidrat

Yang pertama gula dan karbohidrat, makanan-makanan ini dapat meningkatkan kadar gula didalam tubuh Anda dan dapat meningkatkan kadar insulin juga.

Ketika kadar insulin meningkat maka akan merangsang suatu hormone atau hormone Androgen yang memproduksi kelenjar minyak, minyak inilah yang bisa menyebabkan jerawat.

Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat dapat kamu temukan seperti pada mie, roti, nasi, ataupun pasta begitu juga berbagai makanan manis seperti kue, permen, coklat, ataupun minuman bersoda.

2. Susu

Yang ke dua adalah susu menurut sebagian dokter ahli produk susu seperti yoghurt, keju, dapat memperparah terjadinya jerawat, namun perlu di ingat tidak semua orang sensitif terhadap produk susu oleh karena itu susu tidak langsung begitu saja menyebabkan terjadinya jerawat.

Anda pasti pernah mendengar mitos makanan – makanan yang dapat menyebabkan jerawat, sebenarnya tidak semuanya benar loh…

Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai makanan apa saja yang tidak menimbulkan jerawat :

BACA JUGA  Benarkah Suplemen Dapat Menyebabkan Kecanduan?

Makanan yang Sebenarnya Tidak Menimbulkan Jerawat

1. Kacang-Kacangan

Yang pertama adalah kacang – kacangan, pasti yang paling sering Anda dengar bahwa kacang – kacangan dapat menyebabkan jerawat, padahal jenis – jenis kacang tertentu seperti kacang almond, kacang mede baik untuk dikonsumsi karna memiliki kadar gula yang rendah.

2. Cokelat

Yang ke dua adalah cokelat, nah mitos ini sering kali kamu dengar karena cokelat bisa menyebabkan jerawat, namun mitos ini tidak sepenuhnya benar karena jika kamu mengkonsumsi dark coklat yang memiliki kandungan susu dan gula yang sedikit ini baik untuk tubuh dan kulit kamu karena mengandung antioksida.

3. Makanan Yang Berminyak

Yang ke tiga makanan yang berminyak, konsumsi makanan yang berminyak tidak menyebabkan produksi minyak pada kulit kamu semakin bertambah, minyak yang dapat menyebabkan jerawat adalah minyak hasil dari insulin yang meningkat, bukan minyak dari makanan yang berminyak.

Namun yang perlu kamu ketahui bahwa produksi minyak yang berlebih pada kulit dapat menyumbat pori – pori dan menyebabkan jerawat.

4. Makanan Pedas

Yang terakhir adalah makanan pedas, sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan korelasi antara makanan pedas dengan terjadinya jerawat, namun yang perlu Anda perhatikan mungkin apabila timbulnya jerawat Anda dikarenakan makan – makanan yang pedas dengan kadar gula yang tinggi seperti nasi goreng ataupun mie goreng.

Jadi sebenarnya Anda boleh tetap mengonsumsi makanan – makanan tersebut asal jangan berlebihan ya…. 

Nah itu dia penjelasan mengenai apa saja yang dapat menyebabkan jerawat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*