Kupas Tuntas Diet Keto: Manfaat, dan Efek Samping

diet keto

Halo sobat sehat, hari ini saya akan kupas tuntas diet keto. Sebenarnya diet keto sudah ada sejak lama, dan digunakan sebagai terapi medis untuk anak – anak yang mempunyai penyakit epilepsi.

Dasar teori kenapa bisa digunakan untuk anak – anak pengidap epilepsi adalah tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama, karbohidrat nantinya akan di proses menjadi glukosa, lalu glukosa menjadi energi yang digunakan oleh sel – sel tubuh kita untuk terus hidup.

Karena karbohidrat dibatasi, maka tubuh akan mencari energi baru, sumber energi  yang kita berikan yang ada pada diet keto itu adalah lemak. Nah lemak itu akan dipecah oleh liver karena terpaksa, karena tubuh tidak punya glukosa, maka tubuh akan memecah lemak itu menjadi asam lemak bebas, dan badan ketol.

Badan ketol  ini yang digunakan sebagai sumber energi dan juga akan naik ke otak melalui sel otak dan memiliki efek protektif terhadap otak dan ini yang membuat diet keto ini sebagai terapi medis untuk anak – anak yang epilepsi.

diet keto
Designed by freepik

Nah diet keto yang populer sekarang, banyak digunakan sebagai metode penurunan berat badan.  Salah satu teori yang populer mengatakan dengan dibatasi nya karbohidrat yang masuk ke tubuh kita, tubuh akan mencari sumber energi lain yaitu dari cadangan lemak yang ada di dalam tubuh dan dari lemak yang kita konsumsi. Teori yang ini sebenarnya belum bisa di pastikan kebenarannya.               

Kalau menurut saya sendiri ada beberapa teori lain yang lebih meyakinkan dari pada teori yang satu ini.

  1. Sama seperti diet – diet lainnya, kalau kita mau diet keto kita juga harus berada dalam keadaan kalori defisit 10 sampai 20%, jadi berada di kalori sekitar 2.100 an – 2.200 an. Nah kalau sudah kalori defisit, ya pasti turun berat badannya.
  2. Diet tinggi lemak itu akan meningkatkan rasa kenyang kita dan rasa puas kita. Kalau rasa kenyang kita meningkat, maka rasa puas kita meningkat sehingga kita tidak akan mencari makanan – makanan lain.
  3. Berhubungan dengan hormon insulin, hormon insulin adalah hormon yang ada di dalam tubuh kita yang berfungsi untuk meregulasi gula darah. Dengan diet rendah karbohidrat, hormon insulin akan bekerja dengan lebih baik dan efisien, sehingga mengurangi terjadinya penimbunan lemak yang ada didalam tubuh.
BACA JUGA  5 Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Dan Wanita

Ok seperti yang sudah saya bilang tadi, diet keto adalah diet tinggi lemak, sedangkan karbohidrat nya sangat rendah dan protein nya menengah.

Yang menjadi patokan biasanya itu adalah karbohidrat, karbohidrat nya hanya 5% dari jumlah kalori harian. Sedangkan  untuk lemak itu 70 – 75% dan protein 20 – 25%.

Nah ini tergantung dari berapa banyak lemak, berapa banyak protein, misal lemaknya 70% maka 70 + 5 = 75 sisa 25%, dan sisanya ini untuk protein. Tapi kalau misalnya kita mau memakai 75% lemak, maka proteinnya cuma sebanyak 20%.

Nah lalu 1 peraturan lagi yang sering sekali terlupakan saat menjalani diet keto, sama seperti diet – diet lainnya, yaitu kalian harus berada dalam keadaan kalori defisit. Harus mengurangi kalori maintenance 10 – 20%.

Ok kita bikin contoh saja, saya sendiri sebagai contohnya.

Pembagian makronutrien diet keto

  • Saya seorang laki – laki
  • Dengan usia 26 tahun
  • Berat badan 80 kg dan tinggi badan 170 cm
  • Level aktifitasnya sedang angkat beban 5x seminggu
  • Kalori maintenance saya ada diangka 2700

Saya ingin menurunkan berat badan saya, maka saya akan mengurangi sekitar 20% dari 2700, ingat kalian tidak harus mengurangi 20%, bisa 10% tergantung target goal kalian.

  • Kalori cutting saya ada diangka 2.160, itu untuk kalori harian saya.
  • Nah perbandingan rasio macronutrient tadi lemaknya 70%, jadi 70% x 2.160 adalah 1.512 kcal = 168 gram lemak.
  • Proteinnya 25% x 2.160 adalah 540 kcal = 135 gram protein
  • Sedangkan karbohidratnya hanya 5% x 2.160 = 108 kcal = hanya 27 gram karbohidrat dalam satu harinya.

Inilah kira – kira gambaranya, jadi selama sehari makronutrien yang harus Anda penuhi adalah 168 gram lemak, 135 gram protein, dan hanya 27 gram karbohidrat.

BACA JUGA  Bahaya Makan Sebelum Tidur, Penyebab Utama Diabetes

Perlu Anda ketahui, untuk masuk ke dalam keadaan ketosis itu susah sekali sebenarnya, banyak banget lemak yang harus dimakan dan sedikit sekali karbohidrat yang boleh masuk kedalam tubuh.

Dan jangan kira makan lemak setiap hari itu enak, mungkin di awal merasa senang , tapi dalam jangka waktu yang lama, makan lemak setiap hari itu melelahkan.

Membatasi karbohidrat juga menurut saya bukan suatu hal yang baik dilakukan untuk jangka waktu yang lama, karena membatasi satu jenis makronutrien tertentu, itu ya ujung –  ujung nya tidak baik. Dan bukan sebuah diet yang bisa dilakukan secara lama.

Ditambah belum ada bukti jangka panjang yang cukup banyak mengenai keamanan dari diet keto. Ada 1 penelitian tahun 2004 yang menggunakan 83 pasien obesitas yang dimasukkan kedalam sebuah diet keto selama 24 minggu, diakhir 24 minggu mereka mengecek lagi darah mereka dan hasilnya, total kolestrol LDL atau kolestrol jahat dan trigliserida dengan glukosa darah itu menurun secara signifikan bagus, dan HDL mereka atau kolestrol baik itu meningkat secara signifikan.

Walaupun hasilnya sangat bagus tapi sebenarnya kalau kita lihat lagi, menurut penilitian, diet keto tersebut hanya dilakukan selama 24 minggu atau 6 bulan.

Jika misalnya Anda melakukan diet keto seumur hidup, bisa dibilang 6 bulan itu sangat singkat, dan setelah 6 bulan itu kita tidak tahu bagaimana efek sampingnya, apakah terjadi penurunan berat badan yang signifikan atau tidak setelah itu, dan sebagainya.

Dan kalau Anda ingin meningkatkan masa otot Anda, diet keto juga tidak terlalu cocok karena diet keto proteinnya tidak cukup banyak untuk membangun masa otot.

Nah kalian ingin membangun masa otot, Anda perlu protein lebih banyak, jika misalkan pemasukan protein lebih banyak maka Anda lebih lambat lagi masuk kedalam keadaan ketosis.   

BACA JUGA  6 Penyebab Kulit Kering Yang Paling Umum Terjadi

Selain itu ada efek samping lain dari diet keto yaitu, konstipasi, dan dehidrasi, sehingga kalian harus banyak-banyak minum air putih.

Intinya jika Anda ingin melakukan diet keto, Anda cek terlebih dahulu, periksa dahulu ke dokter Anda, pastikan tidak ada penyakit – penyakit bawaan yang semakin diperparah dengan diet keto.

Nah sekarang Anda sudah tahu teorinya, sudah tahu baik buruknya, sudah tahu pendapat saya bagaimana, sudah tahu caranya, dan sudah ada contohnya.

Sekarang, bagaimana sih caranya tahu kalau kita dalam keadaan ketosis ?

Salah satu yang paling akurat adalah cek darah, caranya ambil darah dari tubuh Anda, setelah itu kita lihat apakah kandungan keton dalam tubuh kita cukup tinggi.

Jika misal Anda tidak ingin cek darah, kita bisa lihat dari tubuh kita sendiri, salah satunya yang paling sering digunakan itu dari bau mulut, bau mulut orang dalam keadaan ketosis itu cukup khas, jadi baunya seperti buah yang manis banget.

Selain itu Jika kalian berada dalam  keadaan ketosis kalian akan lebih cepat merasa haus, dan juga lebih cepat merasa kenyang. Ada beberapa orang juga yang melaporkan bahwa mereka lebih fokus saat kerja, kalau kalian benar – benar dalam keadaan ketosis, berat badan kalian pasti turun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*