10 Manfaat Istirahat dan Tidur Yang Cukup

tidur

Pada kesempatan kali ini  kita akan membahas sebuah aktifitas yang paling rileks dan menyenangkan bagi semua orang yaitu tidur. Kita tahu, bahwa istirahat memakan waktu paling banyak disepanjang waktu kita.

Perlu diketahui bahwa diusia 0 – 3 bulan waktu istirahat mencapai 14 -17 jam per hari. Usia 4-11 bulan waktu istirahat mencapai 12 jam -15 jam per hari.

Usia 1 – 2 tahun waktu istirahat mencapai 11- 14 jam per hari. Usia 3 – 5 tahun waktu istirahat mencapai 10 – 13 jam per hari. Usia 6 – 13 tahun waktu istirahat mencapai 9-11 jam per hari.

Lalu di usia 14 -17 tahun watu istirahat mencapai 8-10 jam per hari. Usia 18-25 tahun waktu istirahat mencapai 7-8 jam per hari. Usia 26-64 tahun waktu istirahat mencapai 7-9 jam per hari. Dan usia 65 tahun ke atas waktu istirahat mrncapai 7-8 jam per hari.

Wah Ternyata bukan waktu yang singkat juga ya, dan pastinya manfaatnya  sangat banyak sekali. Nah, Lalu apa saja manfaat tidur bagi tubuh kita? mari kita simak ulasan berikut ini.

10 Manfaat Istirahat dan Tidur Yang Cukup

tidur
Designed by freepik

1. Meningkatkan Kapasitas Memori

Dengan tidur yang cukup otak kita akan lebih efektif, lebih cepat mengerti terhadap apa yang kita pelajari, sehingga daya ingat otak kita akan menjadi lebih baik. Ingatan kita akan tersimpan dalam memori jangka panjang ketika kita tidur, dan yang paling baik adalah otak bisa lebih fresh. 

2. Memperpanjang Usia Hidup kita di Dunia

Karena dengan tidur yang cukup, organisasi hidup kita akan berjalan lancar dengan tanpa gangguan. Selain itu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

BACA JUGA  Diet Keto - Pengertian, Manfaat, Cara Menjalani, serta Risikonya

Hal ini juga didukung dengan adanya penelitian yang mengungkapkan bahwa angka kematian yang tidur kurang dari 5 jam per hari,  lebih besar dari pada  orang yang tidur cukup antara 6 sampai 8 jam per hari.

3. Membuat Kualitas Hidup Lebih Baik

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa orang yang tidurnya berkualitas dan memiliki hidup baik dan terkonsep tidak pernah kewalahan dan tidak pernah stress . Apapun yang mereka kerjakan dan lakukan berkualitas dan enak untuk dilihat.

4. Mencegah Peradangan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Peradangan adalah kondisi yang terkait dengan penyakit-penyakit yang  kronis seperti jantung, stroke, diabetes serta penuaan lebih dini. Sebuah pernelitian menyebutkan bahwa didalam tubuh  orang yang kurang tidur memiliki peradangan tinggi dari pada orang tidurnya cukup. Orang yang tidur nya cukup akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kreatifitas

Kreatifitas kita muncul ketika alam otak kita tidak ada tekanan dari manapun. Dengan tidur, kita membantu otak untuk me-refress ulang dan menghilangkan tekanan dalam hidup kita, sehingga apabila kita cukup dalam tidur, kreatifitas kita akan bertambah dan kita akan menemukan inofasi-inofasi baru dalam hidup.

6. Menghindari Kecelakaan

Sebagian besar kecelakan yang dihadapi disebabkan oleh ngantuk, dan sangat berbahaya apabila dalam kondisi mengantuk tapi tetap berkendara, karena organ-organ tubuh tidak bisa berkerja secara maksimal.

Misalnya penglihatan menjadi kabur, pendengaran kurang sempurna, sehingga besar risiko terjadi kecelakaan. Disaranan kepada Anda yang sedang bekerja dengan berkendara, sebaiknya Anda menjaga waktu tidur Anda, dan jangan sampai kurang. Karena jika kurang, maka akan memberi dampak yang tidak baik pada kehidupan sehari hari.

7. Meningkatkan Prestasi Akademik

Nah, bagi para pelajar yang tidurnnya terpenuhi atau berkualitas, mereka akan memiliki kondisi tubuh yang fresh dan otak yang maksimal, sehingga materi pelajaran akan mudah di serap dan dipahami. Jadi jika ingin ber-prestasi dalam kelas tidurnya harus cukup dan berkualitas.

BACA JUGA  6 Penyebab Sakit Kepala yang Paling Sering Terjadi, 100% Akurat

8. Mencegah Hiperaktif Pada Anak

Tidur akan menenangkan gelombang otak, dan membuat anak rileks dan sebaliknya jika keadaan sadar penuh akan membuat anak selalu terstimulus dan ber-aktifitas.

9. Memiliki Berat Badan Yang Proporsional

Perlu diluruskan bahwa tidur itu tidak selalu membuat gemuk, sebenarnya dengan tidur yang cukup akan membuat tubuh kita menjadi ideal, tidak gemuk atau tidak kurang.

Bagi yang ingin diet supaya menata waktu istirahat, jangan sampai sering bergadang atau kurang  tidur. Karena jika kita tidak tidur meskipun dalam keadaan mengantuk, itu akan meningkatkkan hormon stress dalam darah dan menyebabkan lapar sehingga terdorong untuk makan saat larut malam, sehingga ujung-ujungnya bikin gemuk.

10. Mengurangi Stress

Kebanyakan orang stress disebabkan karena tekanan dan kurangnya istirahat. Dengan tidur, kita mengistirahatkan semua organ tubuh kita, sehingga akan segar kembali, beban dan tekanan akan hilang ketika kita tidur dan istirahat yang cukup. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*