7 Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur Saat Tidur Secara Alami

Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur

Oke sobat sehat, kemarin saya sudah membahas topik mengenai penyebab dan bahaya mendengkur atau ngorok, nah sekarang di sini saya ingin membahas topik mengenai Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur/ Ngorok Secara Alami.

Oke langsung saja saya akan bahas satu persatu mengenai 7 Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur/Ngorok.

7 Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur Saat Tidur Secara Alami

7 Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur Saat Tidur Secara Alami
Designed by freepik

1. Diet ( Pola Makan)

Diet disini bukan berarti ingin menurunkan berat badan ya. Jadi diet disini yang dimaksud adalah pola makan. Nah, bagi mereka yang mendengkur, pola makan yang saya anjurkan adalah pola makan tinggi serat dan pola makan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Disini makanan yang dapat Anda makan adalah buah-buahan seperti kol, ubi jalar wortel, papaya, nanas, strawberry, dan jeruk nipis. Dan disini buah-buahan ini sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah mendengkur.

Kemudian Anda juga dapat menambahkan buah-buahan yang Anda pakai sehari-hari di dapur Anda, contohnya seperti jahe, bawang bombay, bawang putih, dan kemangi. Makanan tersebut dapat melawan peradangan dalam tubuh Anda. 

Makanan apa yang harus Anda hindari?

Ada makanan yang harus Anda hindari , yaitu seperti makanan yang mengandung pengawet, dan makanan yang menganduung perwarna. Dalam artian makanan-makanan ini bukan makanan real food lagi, dan makanan ini telah diproses dan diolah dengan tambahan bahan-bahan kimia, bahan-bahan pewarna, dan ini tidak baik bagi tubuh Anda.

Kemudian makanan lainya adalah makanan yang mengandung susu atau produk turunan susu, ini juga tidak baik bagi Anda yang sering mendengkur. Karena produk susu atau turunan susu ini dapat meningkatkan produksi dahak atau lendir Anda.

Kemudian makanan yang tidak baik juga untuk Anda adalah makanan yang mengandung terlalu banyak minyak, seperti makanan yang digoreng, dan makanan yang mengandung santan, ini juga tidak baik bagi Anda.
Kemudian makanan-makanan tinggi gula, seperti minuman kaleng, minuman kemasan, minuman soda yang tinggi kadar gulanya, sebaiknya Anda mulai menguranginya, dengan demikian dapat membantu tidur Anda lebih baik.

BACA JUGA  Wajib Tahu! 6 Penyebab dan Bahaya Mendengkur, Waspada

2. Lakukan Kegiatan Yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah

Kemudian solusi yang kedua adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan di rumah. Mulai dari bangun pagi mungkin Anda bisa berolahraga kecil maupun olahraga besar. Bagi Anda yang berolahraga sebenarnya dapat membuat kuwalitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Untuk mengatasi mendengkur pada saat tidur, makan tidurlah dengan posisi menyamping atau posisi miring. Bagi Anda yang sering tidur dengan posisi melentnag itu akan meningkatkan frekuensi mendengkur Anda.
Pada saat tidur jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi, jika bantal Anda terlalu tinggi akan menghambat aliran pernafasan Anda.

Selain itu Anda juga dapat minum teh krisan atau green tea, karena kedua teh ini dapat menekan produksi lendir secara alami.

3. Suplemen

Suplemen yang dapat Anda konsumsi dirumah diantaranya adalah :

1. Kromium

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan mendengkur, kromium ini dapat membantu masalah mendengkur Anda, dan kromium ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh Anda, dimana kadar gula yang tinggi juga termasuk salah satu bentuk demnes dalam pengobatan TCM (Traditional Chinese Madicine).

2. Omega 3

Suplemen selainjutnya adalah Omega 3. Omega 3 ini dapat meredakan peradangan pembekakan selaput disaluran pernapasan Anda. Dengan meredanya peradangan maka otomatis pengkekakan pun akan menurun dan penyumbatan jalan napas Anda pun akan menurun.

3. Bromelain

Bromelain adalah enzim yag terdapat pada buah nanas yang dapat membantu meredakan peradangan juga.

4. Kuersetin

Kuersetin adalah Anti oksidan yang terdapat pada buah-buahan, seperti apel, kemudian berbagai macam buah berry seperti strawberry, blue berry dan lain sebagainya.

5. Vitamin C

Vitamin C dapat mendukung system pernapasan Anda dan mendukung kardiovaskuler yaitu sistem kerja jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA  Penyebab dan Bahaya Obesitas Serta Cara Mengatasinya (100% Alami)

4. Terapi Herbal

Nah, terapi herbal disini yang dianjurkan adalah teh papper mint dan sedikit jahe. Jadi sebelum Anda tidur dimalam hari Anda bisa meminumnya, karena dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

5. Olahraga 

Olahraga disini yang dimaksud adalah olahraga jalan cepat dan yoga tubuh. Bagi mereka yang melakukan olahraga ini pasti kuwalitas tidur mereka akan lebih baik.

6. Hal Yang Perlu Di Hindari

Hal-hal yang perlu Anda hindari adalah:

1.Mengkonsumsi cemilan di malam hari

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi cemilan di malam hari sebaiknya segera menghentikanya.

2. Alkohol dan Rokok

Bagi Anda yang suka minum alkohol sebaiknya juga segera menghentikanya.

3. Obat-obatan

Obat-obat yang perlu Anda hindari disini adalah seperti muscle relaxant yaitu obat yang dapat menyebabkan relaksasi pada otot Anda. Jika Anda mengkonsumsi obat-obat an seperti diasetonmuscle relaxant sebaiknya berada dibawah pengawasan dokter, karena jika Anda mengkonsumsinya sembarangan ini akan berdampak tidak baik bagi tubuh Anda.

7. Essential Oil

Disini Anda dapat menyampur minyak kelapa dengan berbagai essential oil, seperti minyak kayu putih lavender, dan jahe. Anda juga dapat menggosokkanya ke leher dan dada bagian atas guna membantu saluran pernapasan menjadi lebih baik lagi. Dengan hal ini Anda juga dapat meningkatkan kuwalitas tidur Anda lebih baik dan mengurangi frekuensi mendengkur Anda di malam hari.

Nah sobat sehat itu semua adalah 7 Cara Ampuh mengatasi mendengkur/ngorok yang dapat Anda lakukan dirumah. Lakukanlah 7 Cara ini yang menurut Anda dapat Anda lakukan dengan baik dan yang paling penting adalah lakukanlah dengan konsisten.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*