Penyakit Maag – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Alami

maag

Pengertian Penyakit Maag

Penyakit maag atau asam lambung merupakan penyakit yang sering kita jumpai.

Maag adalah peradangan pada lambung yang bisa mengakibatkan luka pada lambung, yang bisa menyebabkan sakit dan perih pada lambung.

Penyakit Maag disebabkan karena kebiasaann seseorang makan terlalu banyak dan cepat, ataupun makan makanan pedas yang mengandung gas dan lemak.

Gejala Penyakit Maag 

Gejala Yang Dapat Ditimbulkan dari Sakit Maag :

1. Rasa panas pada perut bagian atas

2. Rasa kenyang atau perut terasa penuh secara berkepanjangan

3. Mual, kembung atau bahkan sampai muntah

4. Nyeri pada ulu hati dan perut sebelah kiri

5. Sulit Menelan

6. Berat badan turun tanpa sebab

Jika Point 3, 5, dan 6 terjadi pada diri Anda, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus. Karena jika dibiarkan akan menyebabkan Maag yang lebih parah atau kronis. 

maag
Designed by freepik


Penyebab Timbulnya Sakit Maag

1. Pola Makan Yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan terjadinya maag, misalnya kamu dalam satu hari hanya makan sebanyak dua kali tanpa sarapan sama sekali, itu akan mudah sekali menyebabkan maag.

Tidak hanya itu, makan makanan yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung juga temasuk penyebab terjadinya sakit maag, misalnya Anda makan-makanan yang asam ataupun pedas, ini akan menyebabkan lambung iritasi dan akhirnya terluka sehingga menyebabkan terjadinya sakit maag.

Selain itu makanan yang mengandung banyak gas juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga menimbulkan sakit maag.

Maag juga dapat disebabkan oleh karena seseorang telat makan kemudian langsung mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak. 

BACA JUGA  7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Terbukti Ampuh!!!

2. Terdapat Mikroorganisme Yang Merugikan

Salah satu penyebab terjadi nya Maag adalah terdapatnya mikroorganisme yang bernama helicobacter pylori di lambung Anda.

3. Pola Tidur Tidak Teratur Dan Stress

Pola tidur yang tidak teratur dan stress ternyata merupakan salah satu faktor timbulnya sakit maag. Karena pola tidur yang tidak teratur dan stress akan meningkatkan produksi Asam lambung Anda.

Banyak-banyak lah mengkonsumsi buah dan sayur yang sehat seperti brokoli, pisang dan apel. 

Hindari makanan buah dan sayur yang mengandung gas seperti kol dan durian karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Cara Alami Mengatasi Sakit Maag

1. Jangan Biarkan Perut Kosong

Kamu bisa membagi porsi makan kamu kedalam jadwal yang baru, misalnya kamu biasanya makan 3 kali makan berat, kamu ubah menjadi 5 kali makan berat dengan porsi sedikit.

2. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk lambung Anda, bahkan engan mengkonsumsi buah dan sayur maka akan memperbaiki sistem pencernaan Anda.

3. Hindari Makan Makanan yang Dapat Mengiritasi Lambung

Memang susah jika tinggal di Indonesia, Anda tidak makan makanan yang pedas, tapi alangkah baiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan pedas dahulu sehingga maag Anda benar-benar membaik.

Jika maag Anda sudah membaik, disarankan untuk tidak terlalu sering makan makanan yang pedas, tapi jika satu atau dua kali silahkan jika itu memang benar-benar tidak mengganggu lambung Anda.

4. Hindari Minuman Beralkohol, Bersoda dan Berkafein

Hindari minuman yang mengandung Alkohol ataupun soda, karena kedua hal tersebut dapat memicu kenaikan asam lambung yang pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya sakit maag.

5. Minum Cuka Apel 

Minumlah 1 sendok larutan cuka apel dan segelas air putih 10-15 menit sebelum makan, karena hal ini sangat lah baik untuk lambung Anda.

BACA JUGA  5 Kesalahan Fatal Dalam Diet Yang Sering Dilakukan Banyak Orang!

Pencegahan Sakit Maag

Cara paling baik dalam mencegah timbulnya penyakit maag adalah dengan menghindari faktor-faktor yang menjadi pemicunya. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit maag:

  • Makan dalam porsi kecil dan makanlah secara perlahan-lahan.
  • Hindari makan makanan yang mengandung banyak asam dan pedas.
  • Apabila sakit maag dipicu oleh stress, maka carilah cara baru untuk mengelola stress seperti refreshing ataupun bermeditasi.
  • Jangan berolahraga dalam keadaan perut penuh.
  • Kurangi konsumsi alkohol dan soda.
  • Jangan berbaring tepat setelah selesai makan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*