Cara Memutihkan Kulit Wajah Sesuai Anjuran Dokter

memutihkan kulit

Halo sobat sehat, pada kesempatan kali ini saya akan membawakan topik tentang cara memutihkan kulit wajah sesuai anjuran dokter, untuk itu baca artikel ini sampai habis ya.

Warna kulit ditentukan oleh jumlah melanin yang ada di dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel khusus yang disebut melanosit, semakin gelap warna kulit menandakan bahwa pigmen melaninnya semakin banyak.

Banyak faktor yang menyebabkan bertambahnya produksi melanin pada kulit Anda, diantaranya :

  • Faktor genetik
  • Hormon
  • Paparan sinar matahari
  • Kelainan kulit

Standar kecantikan masa kini menilai kecantikan hanya melalui warna kulit, hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang mendambakan kulit putih, sehingga banyak dipasaran produk – produk yang mengklaim dapat memutihkan kulit. Padahal yang terpenting adalah menjaga kulit Anda agar tetap bersih, sehat, dan cerah.

Cara Memutihkan Kulit Wajah Sesuai Anjuran Dokter
Designed by freepik

Krim atau gel pemutih dapat bekerja dengan cara mengurangi pigmen pada kulit, krim ini biasa digunakan untuk menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat.

Produk pada pemutih kulit biasanya memang mengandung resiko sama seperti produk skincare lainnya, pastikan Anda mengetahui apa yang terkandung didalamnya, dan membaca sebelum membeli serta mengaplikasikannya di kulit Anda.

Bahan aktif pada pemutih kulit biasanya adalah merkuri, bahan merkuri ini dapat membahayakan tubuh Anda apabila dipakai, terutama dapat menyebabkan kanker kulit. Pemutih kulit biasanya mengandung bahan – bahan aktif yang digunakan untuk mengurangi produksi melanin pada kulit, nah biasanya bahan tersebut adalah hydroquinone.

Jadi sangat penting buat Anda untuk konsultasi kepada dokter sebelum menggunakan produk – produk tersebut.

Bahan pemutih kulit lainnya biasanya menggunakan bahan steroid sebagai bahan aktif di dalamnya dan beberapa krim pemutih kulit menggunakan bahan – bahan alami seperti kojic acid yang berasal dari senyawa jamur.

BACA JUGA  Apa itu Psoriasis - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Resiko yang paling berbahaya dari penggunaan krim pemutih adalah terpaparnya merkuri, seperti diketahui penggunaan merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal, ataupun pencernaan.     

Pada wanita hamil yang menggunakan produk pemutih yang mengandung merkuri dapat membahayakan kesehatan janin dan anak. Terdapat resiko lain jika kamu menggunakan krim pemutih dalam waktu yang panjang, salah satunya dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan kanker kulit yang berasal dari paparan sinar matahari.

Steroid yang terkandung pada krim pemutih dapat menyebabkan infeksi kulit, penipisan kulit, jerawat, ataupun proses penyembuhan luka yang lama. Hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak dapat diobati.

Berbagai zat pemutih termasuk yang berasal dari bahan alami dapat menyebabkan irtasi ataupun reaksi alergi.

Ingat ya, yang terpenting adalah menjaga kulit Anda tetap bersih, sehat dan cerah bukan menjadi putih.

Nah, oleh karena itu kami mempunyai beberapa tips untuk Anda, bagaimana sih cara mencerahkan kulit ?

Cara Memutihkan Kulit Wajah Sesuai Anjuran Dokter

1. Chemical Peel

Treatment pertama yang digunakan untuk mencerahkan kulit adalah chemical peel, chemical peel ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan merangsang produksi kulit yang baru.

Dalam treatment ini, beberapa bahan kimia akan dioleskan ke kulit, sehingga merangsang kulit yang baru. Chemical peel ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :

  • Mengurangi kerutan halus yang terdapat di bawah mata dan sekitar garis bibir.
  • Berikutnya, mengobati kerusakan kulit akibat penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  • Dan yang terakhir, mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Namun chemical peel ini memiliki efek seperti rasa terbakar dan menyengat di kulit, jadi setelah melakukan chemical peel biasanya kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi Anda jangan lupa menggunakan sunscreen ya…

BACA JUGA  4 Cara Mengobati Jerawat Membandel Paling Ampuh

2. Dermabrasi dan Mikrodermabrasi

Dermabrasi dan mikrodermabrasi dilakukan untuk mencerahkan warna kulit, menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, strech mark, ataupun keriput.

Treatment dermabrasi dilakukan oleh dokter, pada awalnya kulit Anda akan dibersihkan kemudian diberi obat bius pada area yang akan di rawat. Kemudian dokter akan menggunakan sikat yang bersifat abrasif yang berkecepatan tinggi, untuk memperbaiki lapisan terluar kulit Anda.

Sedangkan pada mikrodermabrasi kristal berukuran kecil akan disemprotkan pada kulit, bertujuan untuk menghilangkan lapisan terluar pada kulit. Teknik ini memang tidak seagresif dermabrasi, namun pada dasarnya kedua treatment ini memiliki fungsi yang sama yaitu, sebagai proses meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut dan cerah.

Mungkin Cukup Sekian informasi mengenai cara mencerahkan kulit. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*