7 Penyebab Kulit Kering yang Paling Umum Terjadi

7 Penyebab Kulit Kering yang Paling Umum Terjadi

Halo sobat sehat, hari ini saya akan memberikan informasi tentang apa saja penyebab kulit kering?. Namun sebelum itu pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu ya, apa jenis kulit Anda.

Jika ingin mengetahui jenis kulit Anda, maka Anda dapat membaca artikel sebelumnya yang telah saya buat. Anda juga bisa kunjungi link dibawah ini untuk mengetahui apa jenis kulit Anda.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis kulit Wajah dan Cara Merawatnya

Jika ternyata kulit Anda adalah jenis kulit kering, maka Anda bisa melanjutkan untuk membaca artikel kali ini. Oke kita masuk pada pembahasan.

Kulit kering adalah kondisi umum yang terjadi pada kulit, dimana lapisan kulit terluar kekurangan kelembapannya. Bagian tubuh yang paling sering mengalami kulit kering adalah wajah, lengan dan kaki.

7 Penyebab Kulit Kering yang Paling Umum Terjadi
Designed by freepik

Dalam dunia medis, kulit kering biasa di sebut xerosis. Kulit kering dapat dialami oleh siapa pun tanpa memandang jenis kelamin, dan bergantung pada suhu, cuaca, proses penuaan ataupun kelainan pada kulit.

Ada beberapa gejala yang bisa disebabkan oleh kulit kering :

  • Kulit tampak kemerahan
  • Kulit kusam, tidak rata dan terasa kasar
  • Kulit terasa tidak nyaman, gatal dan kesemutan.

Bahkan dalam kondisi kulit yang sangat kering dapat menyebabkan pecah pecah dan mengelupas.

Berikut penyebab-penyebab kulit kering yang umum terjadi.

7 Penyebab Kulit Kering yang Paling Umum Terjadi

1. Perubahan Cuaca

Penyabab yang pertama adalah perubahan cuaca, dimana perubahan cuaca dapat menyebabkan perubahan kelembapan udara. Pada cuaca yang semakin dingin menyebabkan kelembapan udara semakin turun, yang dapat menyebabkan kulit semakin kering.

2. Mandi Terlalu Lama Menggunakan Air Panas

Penyebab yang kedua adalah mandi dengan air panas dengan durasi yang lama, karena air panas dapat mengurangi minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit kita. Jadi, jikaAnda mandi dengan menggunakan air panas, maka Anda sangat perlu memperhatikan durasi nya.

BACA JUGA  Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

3. Sabun

Penyebab yang ketiga adalah sabun, gunakan sabun yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan jangan memakai spon atau sikat yang bersifat keras, karena akan mengurangi kelembapan kulit Anda dan dapat menyebabkan iritasi.

4. Sinar Matahari

Penyebab yang keempat adalah sinar matahari, dibawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering, oleh karena itu jangan lupa selalu menggunakan tabir surya ya.

5. Obat-Obatan

Penyebab yang kelima adalah obat – obatan, beberapa obat memiliki efek samping membuat kulit kering, seperti obat – obat tekanan darah tinggi atau diuretik dan obat – obatan jerawat seperti retinoid.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan, dan memiliki efek samping yang menyebabkan kulit Anda menjadi kering, sebaiknya Anda konsultasikan diri Anda ke dokter spesialis kulit.

6. Dehidrasi

Penyebab yang ke enam adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan mudah sekali membuat kulit menjadi kering. Untuk mengatasi dehidrasi, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari, demi mencukupi kebutuhan tubuh.

Tubuh yang tercukupi asupan air nya akan mempunyai kulit yang tampak sehat dan lembab, dari pada tubuh yang kekurangan cairan akan teerlihat tidak sehat dan kering.

7. Kondisi Medis Tertentu

Penyebab yang terakhir adalah kondisi medis tertentu. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kulit kering:

  1. Psoriasis ataupun eksim.
  2. Diabetes, salah satu efek samping diabetes adalah xerosis, oleh karena itu penting mengoleskan krim ataupun lotion pada kulit penderita yang mengalami xerosis.
  3. Hipotiroidisme dan hipertiroidisme, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, karna ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh.
  4. Malnutrisi, atau tidak mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup bagi tubuh, dapat menyebabkan kulit kering. Salah satunya adalah gangguan makan atau anorexia.
BACA JUGA  6 Penyebab Kulit Kering Yang Paling Umum Terjadi

Cara Mencegah Kulit Kering

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit kering :

  1. Gunakanlah selalu pelembab, minimal 2× dalam sehari.
  2. Gunakan air hangat dan batasi waktu mandi Anda, minimal waktu yang tepat penggunaan air hangat adalah sekitar 5 – 10 menit.
  3. Hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia yang keras, lebih baik gunakan sabun yang mengandung minyak di dalamnya.
  4. Mengonsumsi air mineral setiap hari, ini sangat penting karena dengan mengonsumsi air mineral dapat mencegah tubuh Anda terhindar dari dehidrasi dan mencegah terjadinya kulit kering. Konsumsilah Air mineral minimal 8 gelas setiap harinya.

Nah, Mungkin cukup sekian informasi mengenai kulit kering dari kami, Semoga bisa bermanfaat untuk sobat sehat dirumah.

Terimakasih dan Sampai jumpa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*