Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat Alami

Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat

Sobat sehat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yaitu cara menghentikan mimisan dengan cepat alami. Mimisan adalah hal yang biasanya dijumpai pada anak-anak maupun dewasa.

Namun, mimisan pada anak biasanya menimbulkan kepanikan atau pun kecemasan kepada kedua orang tuanya. Mimisan ini adalah pecahnya pembuluh darah pada rongga hidung. Nah, biasanya disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  • Perubahan iklim dan suhu
  • Trauma hidung atau wajah
  • Infeksi seperti sinusitis

Biasanya pada penanganan pertama, mimisan dapat berhenti dalam 10 menit. Namun jika mimisannya masih berlanjut lebih dari 10 menit atau lebih dari 30 menit, maka Anda harus segera konsultasikan kedokter karena hal tersebut dapat mengindikasikan penyakit yang serius.

Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat Alami

Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat
Designed by freepik

1. Tekan Rongga Hidung

Metode pertama untuk mengatasi mimisan yaitu lakukan penekanan pada rongga hidung Anda. Tekanlah pada bagian yang lembut selama 10 menit dan condongkan tubuh Anda ke depan, sehingga darah akan turun mengikuti gravitasi.

Jangan mendongak ke atas, jika Anda mendongak ke atas maka darah akan turun mengikuti gravitasi sehingga bisa menyumbat tenggorokan dan kamu akan susah bernafas.

2. Kompres Rongga Hidung

Metode kedua menggunakan es batu. Langkah awal ambil es batu, lalu bungkus dengan kain bersih, kemudian kompres dibagian rongga hidung selama 10 menit sampai darah Anda berhenti. Prinsipnya adalah dingin itu mengecilkan pembuluh darah.

3. Cuka Apel

Kemudian banyak studi atau penelitian yang menyatakan bahwa memasukkan cuka apel ( petroleum jelly) dapat mengurangi mimisan. Namun belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa itu efektif.

Logikanya apa pun yang dimasukkan kedalam hidung yang sedang berdarah dapat memicu infeksi. Maka dari itu cara yang ke 3 ini tidak di sarankan untuk Anda, karena memiliki resiko infeksi.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Inilah 8 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Cara diatas adalah penanganan pertama pada mimisan. Jika Anda sudah melakukan cara di atas namun mimisan belum juga berhenti dalam jangka waktu lebih dari 30 menit, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter, agar dapat segera di diagnosa untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*