Hernia – Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

hernia

Sobat sehat, pernahkah Anda mendengar nasehat dari orang tua Anda atau dari teman Anda, yang mengingatkan pada kita untuk jangan mengangkat beban yang terlalu berat ataupun jangan banyak  meloncat, nanti bisa terkena hernia.

Sebenarnya apa sih hernia itu ? Nah, disini nanti kami akan menjelaskan tentang apa penyebab dari hernia dan bagaimana cara mencegahnya.

hernia
Designed by freepik

Pengertian Hernia

Hernia adalah organ dari dalam tubuh yang keluar atau mencuat sebagian dari otot atau jaringan ikat disekitarnya yang mengalami kelemahan. Organ yang mengalami keluhan tadi biasanya adalah organ usus.

Penyebab Hernia

1. Lemahnya Dinding Otot

Penyebab yang pertama adalah lemahnya dinding otot yang fungsinya menahan organ hernia. Hernia biasa terjadi karena faktor usia dan bawaan lahir, terutama dibagian umbilikus dan diafragma. Dinding otot yaang lemah ini juga terjadi pada orang yang mengalami penyakit batuk kronis, diabetes dan penyakit lainnya.

2. Tekanan Yang Terlalu Besar

Penyebab yang ke dua adalah karena tekanan yang terlalu besar, biasanya tekanan didalam intraabdominal. Apa yang menyebabkan tekanan ini besar ? Biasanya disebabkan oleh faktor-faktor seperti berikut : 

  1. Mengangkat barang yang terlalu berat. Biasanya mengangkat tekanan yang berat akhir nya menyebabkan tekanan
  2. Susah buang air besar atau konstipasi. Nah, siapa disini yang susah buang air besar? ternyata ini juga dapat menimbulkan tekanan yang besar dalam perut anda
  3. Kondisi kehamilan. Nah, ini juga menyebabkan tekanan yang besar dalam perut. Wanita yang hamil juga memiliki resiko besar terkena hernia
  4. Penumpukan cairan dalam rongga perut
  5. Peningkatan berat badan yang drastis
  6. Kondisi penyakit tertentu seperti batuk-batuk, ataupun bersin-bersin jangka panjang. Nah, ketika anda bersin itu ada tekanan yang ada dalam tubuh, terutama didalam organ intra abdominal.

Nah, Jika ditanya apa saja sih gejala-gejala hernia? Gejala hernia berbeda-beda dan tergantung dimana lokasinya. Pada umumnya terdapat benjolan pada lipatan paha, dimana ketika mereka mengangkat beban, tertawa ataupun batuk, benjolan itu keluar, tetapi ketika mereka tiduran atau menjelang istirahat, benjolan itu masuk kembali.

Biasanya juga tidak disertai rasa sakit, dan biasanya benjolan yang keluar tadi jumlahnya cukup besar sehingga akhirnya terjepit.

Jenis-Jenis Hernia

1. Hernia Inguinalis

Hernia Inguinalis adalah kondisi dimana usus dan jaringan lemak mencuat ke selakangan. Kondisi seperti ini biasanya yang paling sering terjadi dan kebanyakan terjadi pada pria.

2. Hernia Femoralis

Hernia Femoralis adalah kondisi dimana jaringan lemak dan usus itu mencuat dipaha dan penderitanya adalah wanita

3. Hernia Umbilikalis

Hernia Umbilikalis adalah kondisi dimana sebagian lemak dan usus mencuat ke bagian dinding perut, yaitu pada umbilicus, biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan, dan biasanya terjadi karena lubang belum tertutup sempurna.

4. Hernia Hiatus

Hernia Hiatus adalah kondisi dimana sebagian organ atas lambung mencuat masuk ke dalam rongga dada melalui diafragma.

5. Hernia Insisional

Hernia ini terjadi karena organ usus atau jaringan lemak mencuat keluar dari luka bekas operasi. Bagi anda yang sedang operasi lakukanlah pola makan yang bergizi supaya dapat sembuh dengan baik.

Kemudian ada jenis jenis hernia yang lainnya seperti Hernia Epigastrik, Hernia Spigelian, dan Hernia Diafragma. Prinsipnya sebagian jaringan usus atau lemak keluar atau mencuat melalui pintu hernia.

Cara Mencegah Hernia

1. Menjaga Berat Badan

Kurangi porsi makan Anda yang sudah overweigh, karena overweigh adalah salah satu faktor terjadinya hernia. 

2. Menghindari Konstipasi

Bagi Anda yang mengalami konstipasi segera diperbaiki, kurangi menekan atau memaksa ketika buang air besar didalam WC. Perbanyaklah konsumsi biji-bijian dan sayur-sayuran untuk mengobati konstipasi Anda. Dan jangan lupa yang paling penting adalah konsumsi air putih yang cukup. Kalau ditanya berapa banyak air putih yang harus diminum, tinggal kalikan saja berat badan Anda dengan 40 cc.

3. Hindari Mengangkat Beban Terlalu Berat

Jangan paksakan diri Anda untuk mengangkat beban yang terlalu berat, karena dapat membuat dinding otot hernia jebol ketika dinding sudah tidak kuat lagi menahan beban.

4. Menghindari Penyakit Kronis 

Jika anda mempunyai penyakit kronis yang menyebabkan anda batuk terus menerus dan bersin tak henti-henti, maka  segeralah periksakan diri Anda ke dokter, agar permasalahan tersebut bisa terselesaikan.

Karena batuk dan bersin terus menerus itu juga dapat menyebabkan hernia disebabkan tekanan yang terus menerus. Kemudian bagi ibu hamil di sarankan untuk istirahat yang cukup, karena organ kehamilan dapat menekan kedalam organ-organ Anda tadi.

Bagi yang sering merokok kami sarankan untuk berhenti, karena merokok bisa menyebabkan paru kronis sehingga dapat menyebabkan batuk-batuk hebat dan ujung-ujungnya dapat menyebabkan hernia.

Cara Mengobati Hernia

Nah, Bagi Anda yang sudah terkena hernia, bisa langsung konsultasi ke dokter bedah, biasanya kondisi hernia diselesaikan dengan cara operasi untuk mengembalikan organ yang keluar atau mencuat dengan cara dijahit. Lalu apakah ada hernia yang bisa sembuh dengan sendirinya ? jawabnya adalah Ada!. Yaitu hernia pada anak, biasanya ketika lubang pusar anak sudah menutup, maka hernia akan sembuh dengan sendirinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*