Penyebab Nyeri Tak Tertahankan Saat Haid dan Cara Mengatasinya

haid

Haid adalah proses pengeluaran darah kotor, dimana darah kotor ini merupakan sisa dari jaringan Endometrium yang sebelumnya telah dipersiapkan untuk penempelan zigot jika terjadi pembuahan. Proses ini biasanya terjadi nyeri atau keram yang biasa disebut Dismonera.

Dismenorea sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Dismenorea Primer dan Dismenorea Sekunder. Apa Perbedaannya?

Perbedaan Dismenorea Primer dan Sekunder

1. Dismenorea Primer

Dismenorea Primer adalah nyeri yang terjadi  karena proses pengeluaran darah kotor, dimana darah kotor ini merupakan sisa dari jaringan Endometrium yang sebelumnya telah dipersiapkan untuk penempelan zigot jika terjadi pembuahan atau proses bertemunya sel sperma dan sel telur.

Jika tidak terjadi pembuahan maka dinding yang sudah dipersiapkan tadi akan mulai meluruh sehingga terjadi pendarahan.  Di sisi lain pada proses tersebut juga akan terjadi kontraksi otot dan juga ada aliran darah yang tidak lancar, sehingga terjadi nyeri pada saat proses haid.

2. Dismenorea Sekunder

Dismenorea Sekunder yaitu nyeri yang terjadi karena disebabkan oleh penyakit-penyakit yang lain seperti EndometriosisAdenomiosis, atau mungkin juga bisa disebabkan karena penyakit Pelvic Inflammatory Disease.

Jika Anda mengalami hal demikian maka segeralah kunjungi dokter kandungan agar segera diperiksa dan ditangani.

Gejala Haid

haid
Designed by freepik

1. Nyeri Perut bagian Bawah

Gejala pertama yang biasanya muncul pada wanita yang sedang haid adalah nyeri perut bagian bawah, dan biasanya sebab itu wanita akan terlihat sering memegangi perut bagian bawah karena merasakan nyeri.

Jika diberi skala antara 1-10 dengan acuan 1 itu tidak sakit dan 10 itu sangat sakit, biasanya nyeri saat menstruasi itu berada pada sekala diatas 5, dan setiap orang pun mempunyai tingkat nyeri yang berbeda-beda, ada yang merasakan sangat sangat nyeri, ada yang merasakan hanya nyeri biasa, dan ada juga yang mungkin justru tidak merasakan nyeri sama sekali.

BACA JUGA  Gejala Dan Penyebab Penyakit Asam Urat 100% Akurat !

2. Nyeri Perut Bagian Atas

Nyeri perut bagian atas biasanya wanita yang mengalami haid akan merasakan nyeri pada bagian lambung dan kembung yang disebabkan karena stressor, yaitu pada saat menstruasi Anda mengalami stress yang tinggi sehingga menyebabkan asam lambung meningkat.

3. Nyeri Kepala

Nyeri kepala disini mungkin mereka yang mengalami haid biasanya mengalami nyeri pada kepala bagian tengah, ataupun nyeri pada kepala pada bagian belakang yang disebabkan juga oleh stress akibat mengalami haid.

4. Lemas

Gejala selanjutnya yaitu mereka yang mengalami haid biasanya mengalami lemas. Lemas untuk bangun tidur, lemas untuk beraktivitas, kemudian biasanya juga porsi makanya bertambah.

5. Mood Swing


Gejala yang terakhir yaitu terjadinya perubahan mood atau mood yang tidak seimbang. Ini semua bisa disebabkan karena Anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik, tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan benar, tidak bisa keluar dengan teman, ini semua akan menyebabkan terjadinya perubahan mood.

Sehingga Anda mudah marah, mudah tersinggung, tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain dan sebagainya.

Cara Mengurangi Nyeri Pada Saat Haid

Biasanya mereka menggunakan obat-obat anti nyeri untuk merelaksasi otot-otot bagian Rahim. Padahal menggunakan obat-obatan belum tentu baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana cara mengurangi nyeri tanpa menggunakan obat-obatan?

1. Olahraga

Anda bisa melakukan olahraga agar tubuh Anda lebih rileks dan mengurangi nyeri pada saat haid. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti joging, pemanasan, yoga dan olahraga ringan lainya, karena itu semua dapat mengurangi tingkat nyeri.

2. Terapi Akupuntur

Banyak yang sudah membuktikan bahwa dengan akupuntur dapat menghilangkan pusing kepala, membuat nyeri menjadi tidak terlalu hebat, bahkan bisa sampai hilang nyerinya.

BACA JUGA  7 Cara Ampuh Mengatasi Stress 100% Berhasil

3. Pola Makan

Anda bisa mengatur pola makan Anda untuk mengurangi nyeri. Mungkin pada saat menstruasi Anda bisa mengatur pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang hangat, mengurangi makanan yang pedas, dan mengurangi makanan yang terlalu asin. Itu semua akan mengurangi nyeri Anda.

4. Tidur Diruangan Gelap


Tips terakhir yaitu tidur diruangan yang gelap. Jika Anda masih merasakan nyeri, Anda bisa mengkompres daerah perut bagian bawah Anda.

Saran

Saat Anda haid usahakan jaga kebersihan organ intim Anda. Jangan cuci dengan sabun sembarangan dan jangan pakai wangi-wangian parfum, dan pilihlah produk pembalut yang baik dan nyaman untuk Anda gunakan.

Oke sobat sehat, cukup sekian artikel untuk hari ini. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami nyeri saat haid.

Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*