7 Cara Ampuh Mengatasi Stress 100% Berhasil

stress
7 Cara Ampuh Mengatasi Stress 100% Berhasil
Designed by freepik

Halo sobat sehat! Adakah yang disini sedang mengalami banyak masalah sehingga menyebabkan stress?. Mungkin Anda sedang mengalami stress akibat banyaknya pekerjaan, stress karena banyaknya tugas kuliah yang menumpuk, atau stress karena diputusin pacar mungkin dan stress yang lain sebagainya. Nah disini kami akan memberikan solusinya! 7 Cara Ampuh Mengatasi Stress.

Sebelum masuk ke pembahasan, apakah Anda tahu apa itu stress? Stress adalah sebuah tekanan batin dan fisik yang bereaksi ketika sedang menghadapi situasi yang dianggap berbahaya bagi diri seseorang. Dengan kata lain, stress merupakan suatu cara tubuh Anda dalam menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun.

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya stress. Untuk itu banyak orang bertanya-tanya dan mencari solusi-solusi untuk mengatasi stress. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan banyak orang mengenai informasi yang dibutuhkan yaitu apa saja sebenarnya solusi stress, disini kami akan merangkumnya menjadi 7 cara ampuh mengatasi stress.

7 Cara Ampuh Mengatasi Stress

stress
Designed by freepik

1. Refreshing atau Rekreasi

Cara yang pertama adalah  refreshing atau rekreasi. Refreshing atau rekreasi ini sangat penting untuk melepas penat kita yang telah menumpuk akibat banyaknya pekerjaan.

Apapun pekerjaan Anda , apapun status sosial Anda. Anda perlu  yang namanya rekreasi. Ketika Anda melakukan rekreasi baik itu dibukit, di gunung, ditaman, atau bahkan di kebun teh, yang pasti itu akan membuat pikiran Anda menjadi segar kembali, dan semua penat Anda akan hilang. Dengan begitu otak akan fresh kembali, dan akan lebih ringan untuk di ajak bekerja dan beraktivitas kembali. 

Refreshing ini akan berguna jika Anda benar benar melakukan refreshing dengan benar dan meninggalkan seluruh pekerjaan Anda.  Maksudnya gimana ?. Banyak  orang yang keluar negeri untuk melakukan jalan-jalan liburan, tubuhnya berada diluar negeri, tubuhnya berada dipegunungan tetapi otaknya masih saja ada dikantor.

BACA JUGA  5 Bahaya Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

Dia tidak bisa benar-benar meninggalkan pekerjaanya. Walaupun liburan tapi tetap masih memikirkan pekerjaan. Jika Anda masih begitu, maka Anda tidak akan bisa benar-benar menghilangkan stress Anda. Saran dari saya adalah pada saat Anda liburan baik itu keluar  negeri atau ke pantai, ke gunung, disarankan untuk mematikan ponsel Anda. Nikmati liburan Anda, nikmati pemandangan disana, nikmati suara burung-burung yang berkicau disana. 

Kalau anda tidak sempat ke gunung, atau kepantai ataupun tidak sempat pergi ke tempat yang jauh,  Anda bisa juga melakukan sesuatu yang Anda senangi, seperti belanja di Supermarket, bersepeda, bersantai dirumah sambil minum secangkir kopi misalnya, silahkan lakukan itu jika itu dapat menghilangkan stress Anda.

2. Baca Buku

Cara yang kedua adalah Baca buku. Nah disini selain buku, Anda juga bisa membaca sumber-sumber yang lain. Kalau jaman sekarang tidak harus buku, Anda bisa juga baca dari ebook, internet, sosial media, dan media digital lainya.

Dengan membaca Anda bisa mengetahui berbagai banyak hal. Ada yang mengatakan buku adalah jendela dunia, tetapi sekarang tidak harus dari buku saja ya, yang penting adalah Anda suka membaca, dimanapun itu berada. Dengan membaca akan ada materi-materi  yang membuat Anda termotivasi, ada yang membuat Anda menjadi rileks, dan bahkan ada yang membuat Anda menjadi tertawa

Ketika Anda tertawa itu juga akan membuat diri Anda rileks. Tapi itu kalau yang Anda baca adalah sesuatu yang positif. Berbeda halnya dengan yang  Anda baca itu adalah sesuatu yang negatif, seperti membaca satus facebook nya orang lain lagi patah hati, kemudian yang anda baca berita politik yang membuat panas hati.

Akhirnya yang terjadi Anda tambah steress, tambah cemas, karena efek berita berita negatif yang Anda baca. Baik berita kerusuhan, politik, bencana, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA  Dampak dan Efek Stress Yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Kalau anda tidak siap dengan itu semua lebih baik Anda tidak usah baca dari pada menambah stress Anda. Saya meisalkan setiap hari Anda membaca berita tentang pesawat terbang yang jatuh. Karena setiap hari yang Anda baca adalah kejadian pesawat jatuh, akhirnya yang awalnya Anda tidak takut naik pesawat, menjadi takut untuk naik pesawat. 

3. Mendengarkan Musik

Cara yang ketiga adalah mendengarkan musik. Anda semua bisa mendengarkan musik yang Anda sukai, jadi carilah alunan melodi yang Anda sukai. Musik bisa bermacam-macam fungsinya, ada yang membuat Anda jadi semangat, ada yang membuat Anda termotivasi ataupun membuat Anda menjadi rileks.

Carilah yang membuat Anda menjadi arileks. Dan musik yang Anda dengarkan tidak  harus dalam bentuk mp3, tidak harus dari radio, tidak harus dari video. Anda juga bisa medengarkan musik dari alam.

Bagaimana caranya? Silahkan Anda jalan-jalan keluar alam untuk mendengarkan kicauan burung, suara air terjun, suara air mengalir disungai, suara ombak, dan suara alam lainya. Saya yakin itu semua akan jauh lebih membuat Anda rileks.

4. Silaturahmi

Silaturahmi ini adalah budaya orang indonesia yang sudah sangat lama ada. Jadi misalnya Anda yang sekarang sedang bekerja dikota dan terpisah lama dari teman ataupun keluarga. Sesekali Anda harus pulang, dan Anda harus bertemu dengan keluarga yang anda cintai dan teman-teman yang Anda rindukan.

Hal ini dapat membuat Anda menjadi rileks. Apalagi buat Anda yang sudah menikah kemudian berpisah dengan pasangan cukup lama, dan kemudian bertemu kembali. Pastinya ini akan membuat anda jauh lebih rileks untuk mengurangi stress Anda. 

Nah, selain bertemu dengan keluarga yang Anda cintai, Anda juga bisa berkumpul dengan teman Anda yang positif, ingat ketika kita berkjumpul dengan orang-orang positif, kita pun menjadi lebih baik, mood kita menjadi lebih baik berbeda halnya ketika Anda bertemu dengan orang yang negatif. 

BACA JUGA  5 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Lebih Pagi

Jadi kalau Anda bertemu dengan teman yang setiap hari hanya suka membicarakan gosip, bicara politik, bicara hal hal yang membat Anda panas, pasti Anda akan beratambah stress.  Tapi kalau Anda bertemu dengan orang-orang yang membuat Anda sejuk, akan membuat anda menjadi rileks dan mengurangi stress Anda.

5. Perbanyaklah Memberi / Bersedekah

Cara yang nomor lima adalah Banyak memberi. Jadi dengan Anda melakukan yang namanya memberi terhadap sesama manusia ataupun mahluk lain seperti binatang ataupun tumbuhan. Selama Anda lakukan dengan ikhlas, ini akan dapat menurunkan stress Anda.

Dengan Anda memberi, Anda bisa belajar memahami bahwa bukan Anda lah satu-satunya makhluk yag paling malang dimuka bumi ini, bahkan masih banyak orang lain atau makhluk lain hidup kesusahan, hidup kelaparan. jadi dengan Anda memberi, dengan Anda beramal baik itu semua juga akan membantu Anda menurunkan tingkat stress Anda.

6. Olahraga

Cara yang nomor enam adalah olahraga. Nah kalau untuk masalah olahraga saya sudah seringkali bahas di artikel saya sebelumnya. Selain bagus untuk kesehatan, selain bagus untuk membentuk tubuh, olahraga ini juga bagus untuk menurunkan tingkat stress. Jadi buat Anda yang stress, yang malam hari susah tidur, lakukanlah olahraga dengan rutin. 

7. Bermain dengan Hewan Peliharaan Anda 

Cara yang nomor tujuh adalah bermain dengan hewan peliharaan Anda. Jadi dengan bermain dengan binatang peliharaan ini juga membuat hari Anda gembira dan dapat menurunkan tingkat stress Anda, tapi ingat buat Anda yang tidak bisa merawat binatang, sebaiknya tidak usah memelihara, kasihan binatang peliharaanya juga kalau anda tidak bisa pelihara.

Sekian penjelasan dari kami. Semoga 7 Cara ini dapat bermanfaat untuk Anda semua yang sedang mengalami masalah stress.

Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*