9 Jenis Penyakit Jantung yang Paling Sering Terjadi

macam-macam penyakit jantung

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas “ 9 Jenis Penyakit Jantung yang Paling Sering terjadi”. Penyakit jantung juga banyak sekali  macamnya pada penderitanya sering sekali terkena gangguan atau komplikasi.

Jantung adalah organ vital yang mempunyai fungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga dengan begitu seluruh organ dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, terkadang ada beberapa hal bisa menyebabkan gangguan pada jantung dan membuat organ jantung tidak berfungsi secara normal.

Untuk itu mari simak penjelasan lengkap macam-macam penyakit jantung berikut ini.

9 Jenis Penyakit Jantung

Macam macam penyakit jantung
Designed by freepik

Berikut adalah macam macam penyakit jantung yang perlu anda ketahui, dan daftar ini adalah sebagain dari belasan gangguan jantung lain yang dapat mengancam kita : 

1. Penyakit Jantung Bawaan atau PJB 

Keadaan jantung yang lemah merupakan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tidak dapat melakukan aktifitas berlebihan karena aktifitas berlebihan akan memacu kinerja jantung yang semakin berat sehingga merasakan sakit pada bagian dada, dan tubuh nampak kebiru-biruan.

Penyakit Jantung Bawaan yang lain adalah terdapat celah antara serambi kiri dan kanan karena tidak sempurnanya lapisan yang terbentuk yang memisahkan kedua serambi tersebut sejak berada dalam kandungan. Ini menyebakkan tercampurnya darah bersih dan darah kotor.

Penyakit jantung ini menyebabkan penderita tidak boleh melakukan aktifitas yang berat, karena  penderita akan merasakan gejala sesak nafas dan tubuhnya nampak kebiruan walaupun tidak ada rasa sakit di dada.

2. Aterosklerosis

Aterosklerosis diakibatkan oleh dinding arteri yang mengalami penebalan karena lemak kolesterol dan buangan lemak lain yang mengendap, sehingga pasokan darah ke sel-sel otot mengalami penghambatan. 

Aterosklerosis bisa terjadi diseluruh bagian tubuh. Nah, bila terjadi pada bagian dinding jantung maka akan disebut sebagai jantung koroner atau penyakit jantung iskemik, penyakit jantung ini berlangsung menahun dan  timbul banyak penyakit.

Penyakit ini dimulai dengan dari adanya lesi dan retakan pembuluh darah karena ada tekanan pada pembuluh jantung. Kemudian pada tahap selanjutnya tubuh akan memperbaiki retakan jantung tersebut dengan menempatkan zat-zat lemak pada pembuluh darah.

Nah, kemudian lambat laun karena proses keretakan yang selalu ber ulang. Pembuluh jantung ditutupi oleh zat-zat lemak. Gejala awal penyakit ini adalah angina pectoris, yang menyebabkan rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena kurangnya pasokan oksigen dalam jantung.

3. Infark Miokard Akut

Infark Miokard Akut ini merupakan kematian otot jantung yang disebakan pada arteri koroner, otot otot jantung pun akan tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan dan bahkan kematian.

4. Kelainan Katup Jantung

Katup jantung memiliki fungsi mengalirkan aliran darah dalam jantung. Kalau katup jantung mengalami kelainan hal ini akan menggangu aliran darah tersebut. Yakni pengecilan, kebocoran, dan atau tidak sempurnanya penutupan. Kelainan katup jantung ini merupakan bawaan sejak lahir atau karena efek samping suatu pengobatan.

5. Gagal Jantung  Kongestif

Gagal jantung merupakan jantung yang tidak mampu lagi memompa darah keseluruh tubuh secara efektif, dikatakan tidak mampu lagi bukan berarti jantung berhenti berjalan ya. Tetapi karena jantung tidak bisa memompa seperti biasanya akibatya darah bisa masuk kebagian paru-paru atau kebagian yang lain-nya.

6. Kardiomiopati

Penyakit ini teradi karena adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga otot jantung tidak bisa bergerak sempurna ketika memompa darah dan  menyedot darah.

Penderita kardiomiopati memiliki risiko yang tinggi untuk  mengidap penyakit arritmia yaitu gangguan irama jantung atau detak jantung yang tidak normal, dan juga memiliki risiko yang tinggi untuk  mengidap penyakit  gagal jantung.

7. Arritmia

Arritmia memiliki arti irama jantung yang tidak normal dan ini bisa diakibatkan oleh gangguan perangsangan dan pengahantaran jantung yang berat ataupun ringan.

8. Penyakit Jantung Rematik

Merupakan penyakit yang terjadi karena kerusakan jantung yang diakibatkan oleh demam rematik, dan penyebabnya biasanya adalah infeksi bakteri Streptococcus grup A pada tenggorokan.

9. Miokarditis atau Inflamasi pada Otot Jantung

Otot ini berfungsi memompa darah keseluruh organ tubuh. Ketika otot ini mengalami peradangan, maka fungsi jantung dalam memompa darah akan terganggu.

Mungkin cukup itu saja pembahasan kita pada hari ini sobat sehat. Terimakasih dan sampai jumpa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*