Cara Meningkatkan Kadar Hb Rendah Dalam Darah

Cara Meningkatkan Kadar Hb Rendah Dalam Darah

Cara Meningkatkan Kadar Hb Rendah Dalam Darah

Halo sobat sehat, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan informasi tentang Cara Meningkatkan Kadar Hb Rendah dalam darah.

Hb (Hemoglobin) dalam sel darah Meraih berfungsi mengahantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin diibaratkan alat transportasi, yang mengahantarkan oksigen keseluruh tubuh melalui darah agar tubuh Anda mendapatkan makanan.

Hb Optimal adalah berkisar 12 – 13 mg/dl tergantung dari jenis kelamin dan usia. Penyebab hb rendah itu bermacam macam, ada yang kekurangan zat besi, ada juga yang kekurangan komponen-komponen lain seperti vitamin B12, vitamin C, dan juga Asam Folat.

Gejala Hb Rendah

  • Pusing
  • Mudah lelah
  • Tidak bersemangat
  • Pucat

Namun Jika kondisi semakin memberat maka akan menyebabkan jantung menjadi lemah. Nah, kita dari Sehat Kemudian mempunyai cara bagaimana meningkatkan hemoglobin tersebut.

Cara Meningkatkan Kadar Hb Rendah Dalam Darah

Cara Meningkatkan Kadar Hb Rendah Dalam Darah
Designed by freepik

1. Meminum Campuran Jus Beet dan Apel

Kenapa Beet dan Apel ? karena Beet ini mempunyai Asam folat, yang berfungsi seabagai kekuatan sel darah merah itu sendiri. Sedangkan Apel memiliki Vitamin C dimana Vitamin  ini berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi sebagai komponen pembentukan hemoglobin.

2. Konsumsi Bayam

Karena Bayam itu sebagai sumber nabati dari zat besi. Zat Besi sendiri merupakan komponen untuk membentuk Hemoglobin. Jadi konsumsi bayam itu sangat penting, dan jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu.

3. Konsumsi Hati Ayam dan Daging Merah

Daging ini merupakan sumber nabati yang berasal dari hewan.

4. Konsumsi Gandum dan Kacang-kacangan

Gandum mengandung zat besi. Sedangkan kacang kacangan mengandung Asam folat dan Vitamin B12, yang bisa Anda buat dirumah seperti bubur kacang  hijau, ataupun oat meal.

BACA JUGA  9 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur Paling Sering

5. Konsumsi Tomat

Karena tomat memiliki Vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat  besi sehingga hemoglobin Anda dapat meningkat. Nah, tomat ini dapat Anda buat menjadi jus, salad, sup, dan lainya. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk Anda untuk tidak  mengkonsumsi tomat.

Tips Meningkatkan Kadar Hb Rendah

Istirahat yang cukup utntuk meningkatkan metabolisme tubuh supaya penyerapan nutrisi dan mineral berjalan optimal. Dan jangan konsumsi alkohol, rokok dan juga teh. Karena teh dapat mengurangi penyerapan dari zat tubuh.

Nah jika Anda ingin mengetahui kadar hemoglobin Anda maka priksakanlah diri Anda ke klinik atau dokter terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*