Psoriasis – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

psoriasis

Pernahkah Anda mendengar tentang Psoriasis ? atau mungkin kah Anda atau orang terdekat Anda mengalami hal seperti ini ? Psoriasis membuat kulit seseorang menjadi merah, bersisik, dan gatal.

Hal ini tentu tidak nyaman, selain mengganggu penampilan rasa gatal yang dirasakan cukup mengganggu aktifitas sehari-hari.

Psoriasis
Designed by freepik

Pengertian Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi atau Autoimun Kronis yang menyebabkan terjadinya penumpukan sel-sel kulit, hal ini karena proses produksi sel kulit lebih cepat dari biasanya.

Kulit seseorang dengan Psoriasis akan meradang berubah warna kemerahan, bersisik, dan gatal beberapa kondisi juga membuat kulit berdarah.

Beberapa bagian tubuh yang mengalami psoriasis seperti dibagian sikut dan lutut, namun Psoriasis dapat berkembang ke bagian tubuh lain seperti tangan, kaki, dada hingga leher.

Jenis Psoriasis

Psoriasis memiliki beberapa jenis, diantaranya :

1. Psoriasis Plak

Psoriasis ini menyebabkan bercak merah dan meradang yang dapat menutupi area kulit. Biasanya bercak merah ini ditutupi dengan sisik, biasanya hal ini terjadi pada kuku, sikut, hingga kulit kepala.

2. Psoriasis Postular

Psoriasis ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa, hal ini membuat kulit melepuh berwarna putih berisi nanah hingga terjadi peradangan. Psoriasis ini lebih banyak dialami di kaki dan dan tangan, ini bisa meluas ke area tubuh lainnya.

3. Psoriasis Eritrodermik

Ini merupakan jenis psoriasis yang paling langka dan cukup parah, psoriosis jenis ini hampir menutupi seluruh bagian tubuh. Selain itu psoriosis ini juga tampak seperti terbakar sinar matahari, tidak jarang seseorang yang mengalami penyakit jenis ini akan mengalami demam dan merasakan sakit.

4. Psoriasis Gutatte

Ini merupakan jenis Psoriasis yang lebih sering dialami pada anak-anak, biasanya kulit memiliki bintik-bintik merah dan lebih banyak terjadi di area tubuh, lengan, dan kaki.

BACA JUGA  5 Cara Ampuh Mengatasi Gatal Karena Alergi

5. Psoriasis Inversa

Psoriasis jenis ini menyebabkan area tubuh tubuh memerah, mengkilap dan meradang. Bercak-bercak terjadi di bawah ketiak, dibawah payudara, selangkangan atau di lipatan kulit di alat kelamin.

Gejala Psoriasis

Gejala Psoriasis setiap orang berbeda-beda namun yang paling umum terjadi adalah seperti bercak merah yang meradang di kulit, sensasi gatal di area bercak, kulit menjadi tebal.

Hal penting yang harus diketahui, Psoriasis bukanlah penyakit yang menular, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Penyebab Psoriasis

Penyebab Psoriasis ini juga belum diketahui secara pasti, namun hal ini diduga akibat masalah kekebalan tubuh atau keturunan.

Pencegahan Psoriasis

Untuk mencegah timbulnya Psoriasis Anda dapat menghindari beberapa pemicunya, seperti :

1. Infeksi

Beberapa infeksi bisa menjadi pemicu psoriasis, misalnya radang tenggorokan, sariawan, hingga infeksi saluran pernafasan. Jika anda mendapat gejala infeksi pastikan untuk segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter sehingga infeksi anda tidak memicu timbulnya psoriasis.

2. Stress

Stress merupakan salah satu pemicu Psoriasis, sehingga pastikan untuk menjaga diri dari stress yang berlebihan agar Psoriasis tidak kambuh. Untuk mengurangi stress Anda dapat mencoba melakukan meditasi seperti yoga.

3. Merokok

Bagi Anda yang mengidap Psoriasis, pastikan untuk menghindari rokok, karena tembakau dapat memperparah kondisi Psoriasis Anda bahkan membuat gejala lebih parah.

4. Makanan

Menurut national Psoriasis foundation sebisa mungkin bagi orang yang mempunyai Psoriasis agar menghindari konsumsi tepung, makanan berlemak dan susu.

5. Cedera kulit

Gesekan bisa menimbulkan lesi baru Psoriasis. Untuk itu sebaiknya Anda untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktifitas tertentu sehingga kulit tetap terlindungi.

6. Sinar Matahari

Meski tidak selalu buruk, namun sengatan sinar matahari yang terlalu panas dan berlebih justru dapat menimbulkan psoriasis. Jika Anda mengidap psoriasis pastikan menghindar dari sinar matahari yang berlebihan, atau Anda bisa menggunakan topi atau pelindung lainnya ketika beraktifitas.

BACA JUGA  7 Penyebab Perut Kembung Dan Buncit Yang Harus Diwaspadai

Pengobatan Psoriasis

Untuk mengatasi Psoriasis ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti :

  • Mengoleskan salep di daerah yang meradang
  • Konsumsi obat
  • Hingga melakukan terapi cahaya, terapi cahaya menggunakan sinar ultraviolet atau sinar matahari alami. Sinar ini dapat membantu membunuh sel-sel darah putih yang terlalu aktif yang menyerang sel kulit yang sehat.

Itulah penjelasan mengenai Psoriasis-gejala, penyebab, dan Pengobatanya. Semoga Bermanfaat dan Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Salam hangat dari kami. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*