3 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Hernia

3 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Hernia

3 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Hernia

Sobat sehat, 3 kebiasaan ini bisa menjadi penyebab hernia, apa sajakah itu? yuk baca sampai habis, pada artikel ini saya akan membahas 3 kebiasaan penyebab hernia.

Hernia bisa diartikan adalah suatu penonjolan, tapi perlu diketahui bahwa ada 2 jenis hernia yaitu hernia pencernaan dan hernia di punggung seperti HNP ( hernia nucleus pulposus ) atau dikenal dengan syaraf terjepit.

Tapi untuk kali ini yang akan kita bahas adalah tentang hernia pencernaan. Jadi, hernia pencernaan ini adalah suatu penonjolan usus yang keluar, bisa keluarnya di perut, bisa di umbilikalis atau di puser atau bisa juga di zakar atau di paha. Itu semua adalah jenis – jenis letaknya.

Tapi kalau dari jenis – jenis tingkat keparahannya itu ada reponibel, irreponibel, inkarserata, sampai strangulata yang sampai segera harus dioperasi.

Apa penyebab terjadinya penyakit hernia pada pria ?

3 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Hernia
Designed by freepik

Dalam penyakit hernia ini bisa terjadi karena penambahan usia, dan pria peluangnya lebih besar untuk terkena dari pada wanita, dan dinding otot perut yang melemah juga bisa menjadi penyebab terjadi nya hernia. Otot yang melemah ini pun bisa dikarenakan usia atau karena tidak pernah dilatih.

Penyebab lain hernia adalah pada saat konstipasi buang air besar susah dan kita terlalu memaksanya yang akhirnya ngeden dan menimbulkan tekanan besar sehingga terjadilah hernia.

Jenis kegiatan apa yang bisa memicu penyakit hernia pada pria ?

Kegiatan yang paling sering dilakukan oleh pria sehingga menyebabkan hernia adalah angkat beban berat. Bagi yang suka olahraga gym terlalu di forsir yang sampai akhirnya ngeden bahkan tidak memakai ikat pinggang khusus untuk mencegah hernia, hal itulah yang biasanya mudah sekali menyebabkan terjadinya hernia.

BACA JUGA  Kenali Penyebab Hernia dan Cara Mencegahnya

Lalu kebiasaan selanjutnya adalah mengeden di waktu buang air besar, karena konstipasi atau karna BAB nya terlalu keras atau sembelit.

Lalu hernia bisa juga terjadi pada saat kondisi penyakit misalnya batuk kronis atau batuk yang lama. Biasanya kalau mempunyai batuk kronis seseorang akan mengalami momen dimana terjadi kontraksi dan momen mengeden, dan itulah yang bisa menjadi faktor yang cukup besar untuk terjadinya hernia.

Apa ciri – ciri penyakit hernia pada pria ?

Hernia ini secara umum di bagi menjadi 4

Berdasarkan letak :

  1. Hernia umbilikalis, di pusar
  2. Hernia inguinalis, di daerah paha / pangkal bawah
  3. Hernia femoralis, di paha
  4. Dan hernia scrotalis, di zakar.

Bagaimana cara mencegah penyakit hernia ?

Kalau memang Anda suka olahraga gym, maka pilihlah beban yang sewajarnya saja, jangan yang terlalu memforsir diri Anda, jangan terlalu memaksakan yang akhirnya membutuhkan tenaga yang lebih besar, dan jangan lupa menggunakan pelindung atau belt di perut saat akan mengangkat beban untuk menghindari terjadinya hernia. 

Nah kalau misalnya konstipasi juga jangan ngeden, tapi gunakanlah obat pencahar makanan di usus kita, yaitu dengan makan makanan yang banyak mengandung serat.

Bagaimana cara mengobati penyakit hernia ?

Kalau dari segi non medikamentosa atau tidak pakai obat – obatan, biasanya bisa dilakukan dengan cara tidur dengan posisi kaki lebih tinggi daripada kepala.

Gunanya supaya usus bisa masuk ke dalam, jadi usus yang tadinya sudah menonjol bisa masuk lagi. Itu kalau pada kasus – kasus reponibel.

Kemudian Anda bisa melakukan olahraga ideal dan makan makanan yang banyak mengandung serat supaya tidak ngeden saat konstipasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*