5 Penyakit Berbahaya yang Di Sebabkan Oleh Obesitas

obesitas

Obesitas adalah kegemukan berlebih yang dialami oleh orang-orang yang tidak memperhatikan pola makan nya. Mereka cenderung mementingkan rasa dari pada kasiat, sehingga mereka memilih makanan-makanan yang banyak mengandung kalori dan minyak berlebih tanpa di imbangi dengan asupan nutrisi dari sayuran ataupun buah-buahan.

Banyak orang tidak terlalu mengambil pusing masalah obesitas ini, banyak juga yang belum mengetahui bahwa obesitas dapat membahayakan tubuh mereka. Oleh sebab itu saya akan mengulas tentang 5 penyakit berbahaya yang disebabkan oleh obesitas.

Obesitas
Designed by freepik

5 Penyakit Berbahaya Akibat Obesitas

1. Diabetes

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa lingkar perut yang memiliki ukuran lebih dari 90 cm untuk pria dan lebih dari 80 cm untuk wanita memiliki faktor resiko tinggi untuk terkena penyakit diabetes atau kalau di Indonesia disebut dengan kencing manis.

Ketika lingkar perut Anda besar tentu saja isinya adalah lemak. Didalam lingkar perut terdapat lemak Subkutan atau lemak dibawah kulit yang tidak berbahaya dan juga terdapat lemak Visceral atau lemak didalam organ tubuh dimana lemak visceral inilah yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Mungkin banyak dari penderita obesitas memilih jalan instan untuk menghilangkan lemak yaitu salah satunya dengan melakukan sedot lemak.

Perlu Anda ketahui bahwa sedot lemak yang dilakukan sampai saat ini adalah sedot lemak pada lemak subkutan, padahal lemak tersebut tidak berbahaya.

Lemak yang berbahaya adalah lemak visceral yang tidak dapat disedot.
Penderita obesitas akan berkurang sensitifitas insulinya. Saran saya bagi Anda yang mempunyai lingkar perut lebih dari 80 cm dan 90 cm maka saran saya adalah dikurangi dengan cara mengatur pola makan yang baik, atur diet Anda, dan rutin berolahraga.

BACA JUGA  7 Penyebab Perut Kembung Dan Buncit Yang Harus Diwaspadai

2. Hipertensi dan Penyakit Jantung

Ketika tubuh Anda bertambah lemak nya, maka lemak akan tersebar keseluruh tubuh Anda termasuk di bagian organ dan pembuluh darah. Anda bisa bayangkan jika lemak tersebut masuk kedalam selang pembuluh darah kemudian bertumpuk dan menyumbat sehingga menyebabkan tekanan darah naik dan menjadi tinggi.

Selain berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi juga berpotensi mengganggu kerja jantung Anda dan lama kelaman jantung Anda akan kewalahan atau jika lemak itu tersumbat pada pembuluh darah di jantung maka akan berpotensi besar timbul penyakit jantung koroner karena jantung tersebut tidak mendapatkan suplay oksigen. Penyumbatan pada pembuluh darah ini disebut dengan Aterosklerosis.

3. Mengganggu Persendian “Osteoarthritis”

Banyak orang mengeluh merasakan nyeri pada lutut dan nyeri lutut mereka hilang ketika mereka minum obat, namun ketika berhenti minum obat, nyeri itu kembali lagi.

Sebenarnya itu disebabkan karena berat badan yang berlebih membebani kerja sendi. Tapi kenapa pada lutut? Karena tumpuan ketik berdiri adalah lutut dan pergelangan kaki.

Obat anti nyeri hanya meredakan nyeri sementara. Jadi yang perlu Anda lakukan sebenarnya adalah menurunkan berat badan Anda dengan cara mengatur pola makan Anda dan memperbanyak olahraga.

Dengan menurunkan berat badan Anda, maka Anda telah mengurangi resiko kerusakan sendi. Bagi Anda yang berolah raga juga harus memilih olahrga yang tidak membebani lutut.

4. HNP “Herna Nucleus Pulposus” atau Syaraf Terjepit

Syaraf terjepit terjadi pada tulang punggung di bagian belakang. Syaraf terjepit ini sebenarnya juga bisa terjadi pada orang yang berat badanya normal tetapi salah dalam bergerak. Namun orang yang obesitas mempunyai faktor lebih besar untuk terkena penyakit tersebut.

BACA JUGA  Apakah Benar Kurma Menyebabkan Diabetes? Ini Fakta Sebenarnya!

5. Mendengkur “Mengorok”

Obesitas dapat meningkatkan resiko mendengkur lebih keras, dengan frekuensi yang lebih panjang. Mendengkur memang merupakan hal yang wajar, namun takutnya jika terjadi peristiwa Sleep Apnea atau gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti dan berlanjut berulang kali. 

Sleep Apnea ini berbahaya bagi Anda penderita penyakit jantung karena dapat menyebabkan kematian mendadak.

Nah, sobat sehat, bagi Anda yang memiliki obesitas atau kegemukan, saran saya adalah segera turunkan berat badan Anda. Karena tubuh ini ibarat sebuah mesin, kalau tubuh Anda ini berat maka otomatis tubuh Anda membawa beban yang sangat berat sehingga tubuh harus bekerja lebih berat dan melebihi batas wajar.

Oke sobat sehat, semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi Anda. Silahkan tuliskan komentar baik Anda dikolom komentar dibawah ini.

Terimakasih dan Sampai Jumpa

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*