Begini Cara Mengobati Batu Ginjal Yang Disarankan Dokter

sakit batu ginjal

Mendengar penyakit batu ginjal mungkin Anda berpikiran bahwa penyakit ini hanya menyerang orang tua, tetapi menurut data riset kesehatan dasar tahun 2012, penyakit batu ginjal bisa diderita oleh pasien mulai dari umur 25 tahun loh !,  meski begitu, tenang dulu karena 4 cara berikut ini bisa membantu Anda mengatasi batu ginjal.

Ginjal adalah organ dalam tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting. 4 diantaranya adalah menyaring darah, membuang racun dan limbah metabolisme dalam bentuk urine, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan mengatur keseimbangan elektrolit.

Tidak jarang ginjal mengalami gangguan ataupun terkena penyakit yang bisa membuatnya tidak berfungsi lagi secara normal, salah satunya adalah penyakit batu ginjal. 

sakit Batu ginjal
Designed by freepik

Pengertian Batu Ginjal

Anda atau orang sekitar Anda, mungkin ada yang pernah atau sedang menderita penyakit ini. Sebenarnya apa sih penyakit batu ginjal itu ? batu ginjal sebenarnya adalah endapan sedimen mineral yang memadat, hasil dari proses pembersihan darah oleh ginjal itu sendiri.

Dalam ukuran kecil batu ginjal dapat keluar dari tubuh mengalir bersama urin melalui saluran kemih.  Namun jika ukuran nya besar justru bisa menghambat bahkan melukai saluran kemih, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Rasa sakit ini bisa dirasakan di pinggang atau punggung bagian bawah, rasa sakit juga bisa dirasakan saat buang air kecil. Warna urine berubah menjadi merah muda, merah atau bahkan coklat.

Gejala bahkan bisa diperparah oleh rasa mual sampai dengan muntah – muntah, kalau memang kamu merasakan gejala – gejala tadi sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.

Pengobatan Batu Ginjal

Nah untuk mengobati penyakit batu ginjal, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

BACA JUGA  Gagal Ginjal - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

1. Menjalani Pemeriksaan dan Terapi Medis

Ini yang sering sekali enggan dilakukan oleh banyak orang. Beberapa orang lebih memilih untuk nggak menjalani pengobatan medis, karena takut akan berbagai hal.

Padahal dengan pemeriksaan yang tepat akan diketahui jumlah dan ukuran batu ginjal sehingga dapat diberikan terapi yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut, seperti obat pelemas otot saluran kemih, sehingga bisa membuat batu ginjal lebih mudah keluar dari dalam tubuh tanpa rasa sakit atau perlu tindakan medis khusus untuk menghancurkan dan mengeluarkan batu yang ukurannya besar.

2. Banyak Minum Air Putih

Jika batu ginjal Anda berukuran kecil, Anda disarankan untuk minum lebih banyak air putih minimal 2 sampai 3 liter atau 8 sampai 10 gelas per hari. Dengan banyak minum air putih,  diharapkan endapan yang ada di ginjal Anda bisa terdorong keluar melalui saluran kemih.

3. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika gejala – gejala yang Anda rasakan semakin tidak tertahankan sampai susah beraktifitas, Anda bisa meminum obat pereda rasa nyeri. Namun sesuaikan jenis dan dosis dengan anjuran dari dokter ya.

4. Konsumsi Obat Herbal

Yang terakhir untuk alternatif tambahan, Anda dapat mengonsumsi obat herbal, salah satu obat herbal yang dapat Anda coba adalah yang mengandung senyawa bioaktif flavonoid yang diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi batu ginjal.

Sebelum mengonsumsinya tidak ada salah nya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman. Jangan lupa juga pastikan terlebih dahulu obat herbal tersebut sudah terdaftar di BPOM.

Selain melakukan pengobatan, Anda juga dianjurkan menerapkan pola makan yang sehat untuk mengurangi tingkat keparahan dari penyakit batu ginjal, dan supaya Anda tidak mudah terserang penyakit seperti ini kembali. Berikut pola makan sehat tersebut:

  1. Mengurangi konsumsi garam
  2. Perbanyak makan sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan pokcoy.
  3. Perbanyak konsumsi ikan laut, seperti ikan tuna dan ikan salmon
  4. Kurangi konsumsi vitamin sintetis yang dijual bebas. Selain itu mengkonsumsi obat herbal yang mengandung daun kejibeling dan daun tempuyung diharapkan bisa mencegah munculnya batu ginjal.
BACA JUGA  Fungsi Ginjal : Fungsi Ginjal Normal dan Fungsi Ginjal Menurun

Mengingat pentingnya organ ginjal untuk tubuh kita, Anda perlu menjaganya ! dengan memenuhi cairan tubuh dan selalu menerapkan pola hidup sehat. Jangan pernah ragu untuk konsultasi ke dokter kalau Anda merasakan keluhan seperti yang sudah saya sebutkan diawal artikel tadi.

Sekian dulu informasi yang bisa saya berikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*