Wajib Tahu! Inilah 8 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Wajib Tahu! Inilah 8 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata protein?, mungkin yang terbayang dalam pikiran Anda adalah “oh protein itu telur atau susu” atau mungkin Anda berfikir sesuatu yang ada kaitannya dengan anak gym atau atlet yang badanya relatif besar-besar. 

Oke, jadi kalau mungkin yang ada dalam pikiran Anda adalah seperti itu saya tidak akan menyalahkan, karena mungkin memang informasi yang sering Anda dapatkan adalah hal-hal tersebut.

Namun sebagai orang awam walaupun kita bukan anak gym ataupun bukan seorang atlet, kita semua membutuhkan yang namanya protein.

Protein adalah zat makanan berupa sekumpulan asam amino yang berfungsi sebagai pembangun dan pengatur tubuh. Protein mengandung berbagai macam unsur, di antaranya adalah karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen.

Protein berperan sangat penting bagi tubuh kita. Protein berguna bagi tubuh terutama dalam proses penyembuhan luka ataupun dalam proses regenerasi sel.

Mungkin sekarang ada di antara Anda yang sedang mengalami luka yang tidak kunjung sembuh, sudah mencoba di obati namun setelah efek obat habis, luka kambuh lagi, mungkin bisa jadi Anda kekurangan protein.

Terutama buat Anda yang mengalami masalah lambung, setelah minum obat lambung Anda merasa baikan, namun kemudian setelah efek obat habis kambuh lagi, mungkin lukanya belum sembuh karena proses regenerasi sel Anda yang tidak baik.

Bisa jadi itu adalah tanda bahwa tubuh Anda kekurangan protein. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa saja tanda bahwa tubuh kekurangan protein.

Wajib Tahu! Inilah 8 Tanda Tubuh Kekurangan Protein
Designed by freepik

8 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Berikut adalah 8 Tanda bahwa tubuh Anda kekurangan Protein.

1. Rambut Rontok

Tanda yang pertama adalah Rambut Rontok. Nah, siapa disini yang kalau setelah sisiran, melihat ada banyak rambut yang menyangkut di sisir? atau bahkan rambut berjatuhan dilantai?. Bisa jadi Anda kekurangan protein, jika memang seperti itu, coba Anda cek pola makan Anda.

BACA JUGA  5 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Lebih Pagi

Apakah pola makan Anda sudah benar atau belum, sudah sesuai apa belum dengan anjuran makan yang baik. Anda bisa memastikan nya melalui google ataupun bertanya langsung pada ahli gizi, tentang gizi makanan Anda sudah terpenuhi atau belum. 

2. Kulit dan Kuku terlihat tidak Sehat

Kuku yang mudah sekali patah dan kulit yang terlihat tidak sehat bisa jadi tanda bahwa tubuh kekurangan protein. Banyak orang yang ketika menyadari bahwa kulitnya tidak sehat dan kukunya tidak sehat, mereka cepat-cepat ingin segera mencari vitamin collagen dengan cara disuntik dengan tujuan untuk membuat kulit dan kuku mereka terlihat sehat kembali.

Tahu gak sih bahwa collagen itu berasal dari protein juga. Jadi Anda tidak perlu susah-susah bayar mahal untuk hanya sekedar disuntik. Anda bisa dengan mudah mengembalikan kulit dan kuku Anda yang kurang sehat menjadi sehat kembali hanya dengan memperbaiki makanan Anda, dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein. 

3. Anemia 

Jika Anda mejumpai pada wajah Anda pucat, atau bibirnya pucat, bisa jadi Anda juga mengalami anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin lebih rendah dari pada saat keadaan normal dalam aliran darah.

Anemia terjadi karena kekurangan hemoglobin, mungkin banyak orang beranggapan bahwa kekurangan hemoglobin itu artinya kekurangan zat besi, tapi ternyata penjelasan yang benar adalah Hemoglobin merupakan metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang mempunyai fungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Bisa disimpulkan bahwa orang yang kekurangan Hemoglobin, bisa juga dikatakan kekurangan protein. Jadi 2 zat ini sangat penting bagi tubuh.

BACA JUGA  15 Makanan Penambah Stamina Tubuh Saat Sakit

4. Kualitas Tidur yang Buruk atau Susah Tidur dimalam Hari

Perlu diketahui, susah tidur ini disebabkan oleh gangguan hormon melatonin. Tapi tahukah Anda bahwa hormon melatonin ini dibentuk dari asam amino triftofan yang terdapat dalam makanan berprotein. Bahkan asam amino triftofan ini berperan penting untuk memperbaiki suasana hati dan tidur seseorang.

Maka ketika Anda ingin memperbaiki kualitas tidur Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki makanan Anda. Makanan yang harus Anda perbaiki adalah makanan yang mengandung banyak protein. 

5. Sistem Imun Tubuh yang Buruk

Jika Anda mudah sekali jatuh sakit, itu tandanya sistem imun tubuh Anda buruk. Sistem imun yang baik membutuhkan protein yang cukup. Ketika Anda kekurangan protein, maka sistem imun Anda akan menjadi lemah dan tidak cukup baik dalam melawan virus yang dapat menyebabkan Anda mudah sekali sakit atau terkena infeksi. 

6. Kehilangan Massa Otot, Lemah dan Nyeri

Perlu diketahui bahwa Protein terbesar didalam tubuh kita berada pada otot. Jika Anda adalah seorang atlet atau seorang pecinta gym yang rutin olahraga atau rutin melakukan gym, tetapi asupan protein Anda tidak tercukupi, maka justru yang dimakan adalah otot Anda, sehingga otot Anda akan bertambah kecil, dan bukanya tenaga Anda bertambah besar, tetapi justru sebaliknya tenaga Anda akan semakin melemah.

Hal ini juga berkaitan dengan penyakit ataupun dengan masalah-masalah di organ pencernaan, dan ingat bahwa organ pencernaan juga terdiri dari otot, jadi buat Anda yang mempunyai masalah dengan organ pencernaan coba perhatikan juga asupan protein Anda, apakah sudah tercukupi atau belum.

Kemudian pada orang tua yang sering mengeluh nyeri pinggang, lalu betisnya sering nyeri, ini juga perlu diperhatikan untuk asupan proteinnya, kalau asupan protein tercukupi biasanya otot Anda akan menjadi lebih kuat, dan tidak akan terjadi yang namanya nyeri.

BACA JUGA  4 Cara Paling Ampuh Mengatasi Jerawat Membandel Secara Alami

Jadi kalau asupan proteinnya sudah cukup maka otot Anda akan mendapatan kualitas yang baik dan dapat menopang tubuh Anda dengan baik. Sehingga tidak mudah nyeri otot pinggang dan lainnya.

7. Meningkatnya Resiko Patah Tulang

Selama ini yang kita pelajari bahwa kalsiumlah yang merupakan bahan dasar pembentukan tulang, hal itu memanglah benar. Tapi untuk penyerapan kalsium dibutuhkan lagi bahan lain seperti vitamin C, Vitamin D dan salah satunya adalah protein.

8. Selalu Ingin Makan

Selalu ingin makan atau kita sebut dengan ngidam padahal Anda tidak sedang hamil. Nah, siapa yang merasakan seperti ini biasanya dalam asupan makan nya kekurangan protein, dan yang dimakan adalah makanan yang mengandung tinggi gula serta karbohidrat. Coba perhatikan ketika Anda ingin makan terus menerus, perhatikanlah makanan Anda, mungkin makanan yang Anda konsumsi hanya berisi karbohidrat dan gula.

Nah itu tadi adalah 8 tanda dan gejala bahwa tubuh kita kekurangan protein. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda sobat sehatkemudian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*